Stusi Kasus YAMAHA V-IXION, Setelah Lepas Aki, Mesin Tidak Mau Hidup

Seorang modifikator menghubungi kru OP. Modifikator Venus Costomized, Sidoarjo bernama Budi Widanarko ini mengeluhkan Yamaha V-Ixion yang tidak mau hidup setelah dimodifikasi. “Body dilepas karena pemilik minta dipasang fairing dengan buntut runcing. Tentu butuh melepas cover body. Sistem kabel gak mau hidup sama sekali.” terang Sokran, sapaan Budi kebingungan. Modifikator yang pernah membuat Jupiter standar 10,7 dk ini semapt tanya kiri-kanan. “Menurut hasil bertanya motor injeksi seperti Yamaha V-Ixion katanya, kalau lepas aki ECU (ECM) bisa restart (reset sendiri, Red) dan mesin gak mau hidup. Butuh bantuan engine diagnosa untuk memperbaikinya.” terangnya. Modifikator penunggang Mio ini sempat tanya diforum khusus Yamaha V-Ixion, “Cuma gak yakin dengan kebenarannya.” jelasnya.

Akhirnya OP penasaran juga dengan kasus yang dialami Sokran. OP pun menanyakan kepada pihak yang berkompeten. Dalam hal ini PT Yamaha Motor Kencana Indonesia sebagai ATPM di Indonesia. Secara Logika seharusnya motor injeksi yang ada sekarang tidak mengalami restart saat aki dilepas. Kenapa demikian? Dari sistem ECU/ECM saja tipikalnya programmed alias tidak dapat diprogram ulang, sehingga tidak memiliki memori layaknyaECU unit mobil seperti dari Eropa. Sebab tipikal ECU mobil Eropa secara otomatis akan restart ECU saat tidak dialiri arus listrik. Beberapa mobil Chevrolet Zafira perangkat audio turut restart dan butuh kode khusus untuk mengaktifkan kembali setelah salah satu kutub aki (bisa massa atau positif) dilepas.

Dimotor seperti Yamaha V-Ixion tidak demikian. Karena sistem perintah serta memori ECU atau ECM terbilang masih sederhana. “Apabila aki pada V-Ixion dilepas tidak akan menyebabkan terjadinya restart ECU. karena untuk reset ECU/ECM diperlukan alat khusus yang disebut diagnotic tools,” terang Muhammad Abidin, technical manager PT YMKI (Yamaha Motor Kencana Indonesia) selaku ATPM Yamaha Indonesia. Artinya aki pun V-Ixion masih dapat hidup. Cuma jika nekat aki dilepas durability ECU atau ECM terganggu, kok bisa?. Begini penjelasannya, pembangkit kelistrikan di motor menggunakan spul (posisi statis) yang diputar menggunakan magnet (dinamis) sehingga menghasilkan induksi listrik.

Nah sistem demikian baik tegangan maupun arusnya selalu-naik turun mengikuti putaran mesin. padahal yang dibutuhkan ECU atau ECM  dengan arus dan tegangan yang stabil. kelebihan atau bahkan kekurangan arus dan tegangan listrik akan mengganggu optimalisasi kinerja ECM atau ECU, sejurus dengan itu otak kontrol mesin jebol. “Fungsi battery (aki, Red) selain untuk menghidupkan starter elektrik juga berfungsi sebagai penyetabil arus listrik ke seluruh komponen kelistrikan termasuk ECU. agar kinerjanya optimal dan awet.” lanjut Abidin.

Kasus V-Ixion yang ditemui Sokran pun belum diterpecahkan masalah sebenarnya. Ternyata penyebabnya adalah…. untuk mencapai jawaban yang sebenarnya, satu-satunya cara harus dirunut kelistrikannya. Setelah kontak pada posisi on, motor dapat dihidupkan dengan cara didiorong. Cuma starter listrik tidak bisa. “Sudah cek sekring dan tidak putus, selain itu semua indikator ike, sein , stop lamp dan klakson dapat berfungsi normal. Sumber kelistrikan dari aki sudah bagus, berarti hanya pada bagian elektrik saja.” analisa Bogang. Dari sistemnya, elektrik starter V-Ixion memiliki relay khusus, yaitu relay starter. Ketika kontak di posisi on relay terdengar suara ‘tik’ singkat. Jika dipegang tangan terasa getarannya.

Setelah dicek jalur kabelnnya ternyata mulai relay, sekring dan kabel tidak bermasalah. Lantas bagian mana yang menyebabkan starter elektrik tidak mau hidup. “Ternyata tombol elektrik stater! Saat dibuka dan dihubungkan langsung dinamo starter dapat berfungsi.”  jelas Bogang. Akhirnya holder dibuka dan tombol elektrik disemprot menggunakan contact cleaner. Setelah dipasang Yamaha V-Ixion pun dapat hidup normal.

Dari kasus ini dapat diambil manfaatnya jika, electric starter  V-Ixion belum tentu dinamo starter atau relay yang rusak. jika sekring bagus dan kelistrikan baik kemungkinan lainnya adalah tombol electric stater.

Sumber :

http://www.mail-archive.com/koleksi-artikel-berita@yahoogroups.com/msg01582.html

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s