Jenis-jenis Jaringan Komputer

Berdasarkan area atau skala, jaringan computer dibagi menjadi empat jenis yaitu:
• LAN (Lokal Area Network)
LAN adalah jaringan yang cakupannya lebih kecil. Biasanya dipasang pada gedung-gedung perkantoran, kampus atau dalam satu ruangan untuk memakai bersama sumberdaya (resouce,misalnya printer) dan saling bertukar informasi.
Kelebihan dari jaringan LAN ini adalah dalam tukar menukar data menjadi lebih mudah, biaya akses ke internet lebih murah karena menggunakan server, client lebih mudah untuk mendapatkan informasi. Selain mempunyai kelebihan jaringan LAN ini juga mempunyai beberapa kelemahan diantaranya yaitu jika akan menggunakan hub akan membuatnya lebih lambat dalam pengaksesan data karena kecepatannya terbagi untuk client yang lainnya.
• MAN (Metropolitan Area Network)
MAN adalah jaringan yang cakupannya lebih luas dari LAN, namun masih menggunakan metode yang sama dengan LAN. Biasanya dipasang pada satu wilayah seperti menghubungkan jaringan suatu gedung dengan jaringan di gedung lainnya, bahkan cakupannya bisa mencapai satu provinsi. Kelebihan dari penggunaan jaringan MAN adalah mudah untuk dikembangakan, lebih hemat kabel dan sistem pengkabelan yang sederhana. Kekurangan dari jaringan jenis ini adalah sulit untuk dilakukan diagnosa apabila terjadi sesuatu dan bus akan tertekan jika lalu lintas padat.
• WAN (Wide Area Network)
Jaringan ini mempuyai cakupan yang lebih luas dari LAN dan MAN. Cakupannya meliputi satu pulau, satu negara bahkan satu benua. Metode yang digunakan juga sama seperti yang digunakan pada LAN dan MAN. Perangakat-perangkat yang digunakan pada jaringan ini adalah Router, switch ATM, modem, CSU/ DSU (Channel Service Unit/ Data Service Unit), multiplekser, communication server, switch X.25/ frame relay.

• Internet
Adalah jaringan komputer ( Interconnection) yang terbentuk dari milyaran komputer yang ada diseluruh dunia. Sehingga cakupannya lebih luas lagi yaitu mencapai satu planet bahkan kalaupun bisa dapat mencakup antar planet. Koneksi antar jaringan komputer dapat terjadi karena adanya suatu protokol yang menghubungkannya, yaitu Internet Protokol

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s